TANTANGAN 10 HARI LEVEL#10 (DAY 4)

Bismillaahirrohmaanirrohiiim…..

Malam hari ini beda….kakak biasanya minta dongengnya sebelum tidur…tapi malam ini habis maghrib sudah minta didongengin. Dia minta dongeng tentang ikan Hiu. Dia penasaran banget yang namanya Hantu Ikan  yang seperti di buku-buku cerita. Karena saya kurang persiapan tentang dongeng ini, saya minta waktu 10 menit ke kakak untuk mencari informasi tentang  Hantu Ikan di laut. Saya coba untuk browsing di IPusnas, ketemulah buku cerita Seri Mengenal Dunia Ikan yaitu tentang Hantu Ikan. Alhamdulillaah…..Lalu baru mulailah mendongeng tentang  Hantu Ikan di Laut.

“Kakak…yuk kita mulai dongengnya…Bunda sudah baca ceritanya tadi….” Kata Bunda

“Oke dech….kakak sambil tidur-tiduran ya…”

HANTU IKAN

Sebagian besar ikan adalah karnivora. Apa itu karnivora? karnivora adalah hewan pemakan daging, daging apa saja mereka makan, baik daging hewan air, atau hewan darat. Bahkan hewan udarapun bisa mereka makan. Waow rakus banget ya…Terkadang manusia juga menjadi makanan mereka, Lho! serem ya…

Hantu laut! Julukan yang pantas buat si ikan hiu putih. Coba bayangkan bentuk tubuhnya, dari ujung kepala smapai ujung ekor. badannya besar, giginya taring dan runcing, mulutnya lebar, dan matanya bulat tajam. Waah, dia tampak sangat jahat bukan? Panjang hiu putih hampir 7 meter. waaah…panjang juga, ya? Bunda saja cuma 1 meter lebih 35 centimeter, belum ada apa-apanya ya sama panjangnya ikan hiu putih. Dia terkenal paling ganas saat makan, juga paling rakus, lho! kalau sedang kelapran, benda apa saja yang bergerak mungkin akan dimakannya. hmmm…serem ya….

Ajaib! Ikan hiu mempunyai gigi-gigi yang unik. Bila giginya ada yang tanggal, gigi baru akan segera menggantikannya. Jadi, jangan heran selama hidupnya ikan hiu menganggalkan ribuan gigi. Gigi-gigi yang tanggal itu, banyak hanyut terbawa ombak. Bahkan, sering ditemukan di tepi pantai. Bagi orang-orang purba, gigi hiu sangat bermanfaat sebagai senjata atau alat potong. Orang purba adalah orang yang hidup zaman dulu ketika bumi ini diciptakan oleh Allah.

Ikan Hiu banyak keistimewaan. Selain penciumannya yang tajam, gerakan ikan hiu juga sangat anggun. Ketika akan menyerang mangsa, dia bisa meluncur dengan sangat cepat. Kadang menerkam mangsanya dengan berbelok seperti penari balet.hehehe….Namun hiu juga punya kelemahan, lho! Ternyata, dia tidak bisa berenang mundur. Bila terjepit sesuatu dan tidak ada ruang untuk bergerak maka dia akan segera mati. hal ini dikarenakan hiu perlu bergerak untuk mendukung alat pernapasannya. badannya gendut sih….hahahaha (kakak ikut tertawa…kayak ayah…hahaha). “Ups..gak boleh ngejek…” Kata Bunda…


“Serem ya…ikan hiu putih…emm…masih ada kah hantu ikan yang lainnya bun?”Tanya kakak.

“Masih ada…laaaah…mau hantu ikan yang lain kakak?” Ujar Bunda.

“Mau…mau…ayo dilanjut bun…seruuu…” Jawab Kakak.

Selain ikan hiu putih, ada juga hantu ikan lainnya. Namanya, ikan paus pembunuh. Panjangnya sekitar 8 meter, lebih panjang dari ikan hiu putih. Meski tidak menyeramkan, paus pembunuh tergolong ikan buas. Jangan sampai kita terkecoh! Punggung ikan paus pembunuh berbeda dengan ikan-ikan paus lainnya. Punggungnya memiliki sirip yang panjang. Bila dilihat dari kejauhan, sirip ikan paus pembunuh sangat mirip dengan ikan hiu. Sampai sekarang ini belum ada data yang pasti, juka paus pembunuh memangsa manusia, tetapi paus pembunuh lebih senang memakan anjing laut dan amamlia laut lainnya. Seperti singa di daratan yang suka hidup berkelompok. Paus pembunuh juga hidup berkelompok, lho! Mereka selalu berburu bersama-sama. Bahkan, ikan hiu putih yang terbesarpun akan takut berhadapan dengan mereka. Kalau tidak ada mangsa lain, ikan paus pembuhun kadang memangsa paus jenis lainnya. Waow…rakus banget ya? masak temannya sendiri dimakan juga kalau lagi lapeeer…dan bahkan paus yang paling besar pun bisa menjadi mangsanya. Wah…wah…bener-bener ikan buas ya?.

“Iya..ya bun….kasihan temannya kalau seperti itu…”Kata kakak.

“Sebenarnya masih ada hantu ikan yang lainnya…tapi bunda mau ngerjakan tugas yang lain. Dilanjut besok gak papa ya kak?” Tanya bunda.

“Iya dech…kakak mau maen sama adek kalo gitu” Jawab kakak.


Jadi, tujuan dongeng kali ini adalah untuk mengenalkan hewan-hewan buas di laut, mengenalkannya lebih dekat kepada anak-anak agar mereka lebih luas wawasan tentang hewan laut. Kebetulan kakak juga sekali dengan hewan.

Sumber dongeng: Buku Seri mengenal Dunia Hewan “Hantu Ikan” (penulis: Kak Kambini Yudianto)

#Tantangan10Hari

#Level10

#KuliahBunsayIIP

#GrabYourImagination

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar