TANTANGAN 10 HARI LEVEL#10 (DAY 2)

Bismillahirrohmanirrohiiim….

Malam hari menjelang tidur si kakak ketagihan minta didongengin. Nah, kesempatan saya untuk menyampaikan pesan moral lewat dongeng itu. Tiap hari anak-anak kalau bermain jarang diberesin mainnanya, buang sampah sembarang, tempat tidur tidak diberesin, sampah kececeran di mana-mana jadinya rumah jadi sarang semut, nyamuk dan kecoa. Bisa dibayangkan betapa ktornya rumah ini. Judul dongeng kali ini adalah “Si Kodok Yang Gemuk”. Pesan yang saya sampaikan adalah supaya anak-anak menjaga keberihan rumah, rumah jadi bersih dan anak-anak tidak gampang sakit karena disebabkan oleh banyak kuman di rumah.

Kakak:”Ayo bun dimulai dongengnya…..yang bagus dan lucu ya….”

Bunda:”Oke….kita mulai dongengnya….”

Kakak sambil tidur-tiduran, sedangkan saya duduk di sampingnya.

Judul dongeng hari ini tentang Si Kodok yang Gemuk. Kodok itu berwarna coklat kehijau-hijauan, matanya besar dan bulat, perutnya gendut seolah penuh terisi makanan. Dia termasuk kodok yang usianya tergolong tua. Dia suka bersembunyi di rumput-rumput yang lebat samping rumah Dodo.

“Ceplok…ceblung…ceplok ceblung…ceblung…” bunyi kodok waktu itu. Ternyata di deket kodok ada seekor kadal yang lagi belajar. “Iiiihhh…kamu kok berisik banget siiiiih” kata kadal. PPreeeet…preeeeet….ceblung…ceplok…ceblung….preeeet…”bunyi kodok lagi. “hai kamu kentut ya….bau nich” Tanya si Kadal. “Eits….aku tidak kentut…itu bunyi perutku kalau aku lagi lapar” Jawab Kodok.

Kadal:”tapi kok bau kentut ya….itu pasti angin yang kleuar dari perutmu”

Kodok:”Ya memang terasa ada angin yang keluar dari anusku….”

Kadal:”Yaaach itu namanya kentut….kentut itu angin yang keluar lewat anus….waduuuuw makanya bau banget”

Kadal:”kalau kamu lapar….tuh di rumah si Dodo banyak kecoa di rumahnya…”

Kodok:”Kok kamu tau di rumah itu banyak kecoaknya?”

Kadal:”Ya iylah…aku sering masuk di rumahnya….disitu di kolong-kolong almari banyak sekali kotoran makanan..jorok banget…akhirnya banyak sarang kecoak tuh…”

Kodok:”Waah…asyik donk….pasti lezat ya kecoaknya…ku bis kenyng di sn…kesana aah…”

Dengan riang gembira si Kodo melompat-lompat menuju rumah Dodo yang kotor itu.

Lalu di dinding pagar samping rumah Dodo ada Cicak yang lagi main kejar-kejaran sama nyamuk. Karena dia gak berhasil menangkap nyamukakhirnya dia melamun dan bergumam menggerutu.

Bunyi Cicak:”Tekkeeek…..thok…thok..thok…tekkeeeek….thok…thok…tekkeeeek.”

Kadal:”Yaaaach…berisik lagi berisik lagi….”

Cicak:”Aku lapaar Kadal….di sini jarang sekali nyamukyang lewat…”

Kadal:”Yaaach…lapar lagi lapar lagi….kamu salah tinggal di dinding rumah ini….”

Cicak:”Memang kenapa? rumah ini kan bersih dan indah….aku suka….”

Kadal:”kalau kamu ingin makan banyk dan kenyak…tuuh di rumah Dodo banyak nyamuk”

Cicak:”Oyaaaa….waaaah…nyem…nyem…enak ya kali ya….aku bisa makan sepuasnya….”

Cicak:”emmm…tapi kenapa ya kok banyak nyamuk di rumah Dodo?”

Kadal:”Rumah Dodo kotor banget, jangan dibersihkan, mainan berserakan, baju-baju banyak bergelantungan di didinding balik almari…jadi sarangnya nyamuk dech….”

Cicak:’Oooo gitu…waaah aku segera kesana aaah..biar aku cepat kenyang makan nyamuknyamuk itu…maksih ya kadal…kau memang temanku yang hebat….”

Lalu Cicak itu belar sekencang mungkin menuju rumah Dodo yang jorok itu. Kebetulan si Dodo di rumah lagi sakit kena demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aides Aigepti. Jadi dai gak bisa bermain dan sekolah.

Kakak:”Kasian si Dodo ya Bun….makanya tiap hari dibersihin rumahnya….”

Bunda:”Iya ya…kaian ya si Dodo….”

Kakak:”Ceritanya kok persih rumah kita ya Bun….banyak mainan berceceran….banyak kecoak…nyamuk…semut…”

Bunda:”Iya  ya… (sambil tersenyum)

Kakak:”Aku gak amau aaah…kayak Dodo kenak Demam bedarah…aku besok mau beresin mainan dan bersih-bersih rumah wes….”

Bunda:”Naah gitu donk….biar kita tetap sehat…tidak gamang sakit karena banyak kuman di rumah….”

Kakak:”memang kotoran itu bikin kuman….dsar kuman….”

Alhamdulillah….akhirnya si kakak sadar juga dan dongeng kali ini memnag benar-benar membuat kakak bisa berubah minsetnya.

#Tantangan10Hari

#Level10

#KuliahBunsayIIP

#GrabYourImagination

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar