T10LEVEL#11 (DAY 6)

Bismillahirrohmaanirrohiim….

Review Diskusi ke-6

Tema: Pendidikan Seksulaitas Bagi Individu Autisme

Pendidikan seks untuk anak autis

Hasil Diskusi:

  1. Cara anak autis bermain dengan teman sebayanya agar tidak menganggu fitrah seksulitasnya adalah dengan cara dilatih jika masih kecil, sekalian diajari berteman. Supaya anak yang autis aware dengan lingkungannya. dan teman-temannya juga memiliki teman yang harus dikasihi dan tidak diberlalukan berbeda. Bermain tentu saja diajarai dengan yang sama gendernya sembari belajar bahwa autispun bisa mandiri. Anak autis cenderung punya daya ingat yang tinggi, jika sejak dini sudah dibiasakan mereka adalah peniru ulung, bisa dikenalan juga tentang konsep aurat laki-laki, sehingga tau perbedaan gender laki-laki dan perempuan, jika anak laki-laki memakai celana panjang, auratnya lutut ke bawah, juga diperkenalkan kalau anak perempuan pakai jilbab.
  2. orang tua yang diamanahi anak autis juga punya tugas untuk mendidik teman-teman anaknya dan lingkungannya, minimal memberikan informasi bahwa anak kita sama tidak boleh dibeda-bedakan sehingga teman di sekitar tidak membully dan cenderung bisa menerima, bahkan mereka lebih care dan membantu jika ada kesulitan.
  3. Tantangan terbesar bagi orang tua ABK dalam merawat fitrah seksualitas adalah memperkenalkan rasa malu. Solusinya: setiap hari dan setiap saat harus diingatkan. Intinya metode edukasinya adalah harus terus menerus dan berulang-ulang sampai dia paham betul tapi juga membutuhkan waktu lama.

 

#Tantangan10Hari

#Level11

#KuliahBunsayIIP

#FitrahSeksualitasAnak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar