TANTANGAN 10 HARI LEVEL 10 (DAY 9)

Bismillahirrohmanirrohiiim…..

Malam ini kakak sudah tak sabar lagi menunggu dongeng dari saya, soalnya kemaren tidak ada dongeng karena kakak harus mengerjakan tugas, jadi malam ini dongengnya dobel sebagai gantinya hari kemaren. dari siang kakak sudah menentukan tema yang mau didongengkan. “Bunda tentang hewan lagi ya…hewan sejenis ikan saja…seperti hari-hari sebelumnya…kakak lagi senang sama dunia ikan sekarang.”Pinta kakak sambil terenyum lebar. “Oke dech….bunda cari bukunya dulu ya…hehehe”jawab saya.

Dongeng malam ini tentang “CRAB (KEPITING)”, lalu dilanjutkan dengan judul “KIS-KIS AKHIRNYA KAPOK”. Ketika mendongneg tentang CRAB, saya masukkan tentang nilai-nilai kasih sayang seperti sayang pada teman, tidak menyakiti teman, dan tidak saling bermusuhan. Saya membuat adegan Crab yang cukup menyeramkan, tangan-tangan saya bergerak seperti cupit-cupit Crab seolah-olah kakak sedang menghadapi seekor Crab yang sebenarnya, hehehe…suara saya pun saya buat besar dan meyeramkan ketika Crab menyerang musuhnya atau mencari mangsa. “Menakutkan ya Bun…..kakak lho pernah digigit cupitnya Crab…sakit Bun” Kakak menyela di tengah-tengah dongeng. Dalam dongeng ini Crab bermusuhan dengan temannya sendiri, suka bertengakar, mencuri makan temannya, dll. Cerita dongeng ini seolah seperti yang dialami kakak, sehingga sring kali dia berkomentar ketika di tengah-tengah dongeng. Waah…berarti pas banget dongeng malam ini sehingga kakak bisa mengambil hikmahnya. “Kalau sering bertengkar jadi gak punya teman ya bun…tambah sakit semua badannya kayak Crab yang jahat…”Ungkap kakak. “Iya…makanya kita harus sayang sama teman, kita hargai teman kita walau berbeda dengan kita, minta maaf kalau kita berbuat salah…” Jawab saya.”Seperti pelajaran Aqidah akhlak ya…Sayang teman termasuk akhlak yang terpuji”, tanggapan kakak berikutnya. “Yap…betul…kakak hebat” Saya memujinya dengan mengacungkan jempol. Alhamdulillah….semoga bermanffat dongengnya…

Kemudian dilanjutkan dongeng yang kedua tentang “KIS-KIS AKHIRNYA KAPOK”, sumber dongneg kali ini saya ambil dari buku “Dongeng pengantar Tidur#4 KIS-KIS AKHIRNYA KAPOK”, tetapi saya tambahin dengan nilai-nilai tentang patuh terhadap nasehat orang tua. Ceritanya agak sedikit saya rekayasa agar terkesan lebih hidup dan lucu. Kakak mendengarkan dongeng sambil ketawa-tawa di atas kasur, karena ada peran dari si Tupai yang lucu. saya menirukan adegan tupai yang melompat dan jatuh sehingga kakak semakin ketawa terbahak-bahak. Di akhir dongeng ini si Kis-Kis terperangkap kurungan di bawah pohon kelapa saat Si Kis-kis mau mengambil buah kelapa yang sudah ia idam-idamkan sejak lama. Sebenarnya dia sudah dinasehati sama sang Raja orang tuanya kalau Si Kis-Kis tidak boleh makan buah kelapa karena masih belum cukup umur, pencernaannya belum kuat tetapi Si Kis-kis tidak percaya alias ngeyel sehingga dia melarikan dari istana untuk mencari buah kelapa. Ketika dia menemukan buah kelapa yang lokasinya jauh dari Istana, tiaba-tiba dia terperangkap kurungan ketika mau mengambil buah kelapa. Akhirnya dia tidak bisa bergerak dan menagis kebingungan. Si Kis-kis akhirnya ditemukan oleh tentara istana dan di bawa pulang. Si Kis-Kis akhirnya kapok dan bertobat tidak mengulangi lagi. Dia sadar bersalah tidak mendengarkan nasehat Sang Raja orang tuanya.”Nah begitu kakak…kalau tidak nurut nasehat orang tua jadi celaka…” Kata saya selanjutnya. “Waah…jadi takut kakak…”Jawab kakak. “Kakak pernah tidak nurut sama bunda…tapi kakak sudah minta maaf kan?” Ungkap kakak. “Iya…bunda juga sudah memaafkan…bunda cuma mengingatkan saja lewat dongeng ini…” Jawab saya.

 

#Tantangan10Hari

#Level10

#KuliahBunsayIIP

#GrabYourImagination

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar