Monthly Archives: January 2018

ALIRAN RASA GAME 7 (SEMUA ANAK ADALAH BINTANG)

Bismillahirrohmanirrohiim….

Melihat tingkah polah anak-anak di rumah saat ini menjadi penting untuk diobservasi, apakah perilaku anak-anak itu benar-benar ia lakukan dengan senang hati dan berbinar-binar atau tidak? kalau berbinar-binar maka kita sebagai orang tua seyogyannya untuk mendampingi dan memotivasinya untuk terus dikembangkan alias kita berusaha meninggikan gunung. Selain itu kita juga banyak memperkenalkan aktivitas yang lain yang belum mereka kenal agar mereka kaya wawasan sehingga mereka dapat menentukan pilihannya mana yang mereka sukai dan tekun di dalamnya. Dalam tantangan Game level 7¬† ini membuat kami benar-benar memahami apa yang menjadi bakat mereka dan bagaimana kita harus berusaha untuk meninggikan gunung. Karena tiap hari kita terus menerus mengobservasi segala aktifitasnya dan mencoba untuk mendiskusikannya. Kemudian kita ajak-ajak anak-anak bereksplorasi keluar rumah untuk mengenalkan mereka dengan berbagai aktivitas yang lain agar mereka punya wawasan dan barangkali menjadi minat dan bakatnya. Wallahu a’lam.

Kakak Cia dan Adek Bibie adalah BINTANG KELUARGA KAMI…BINTANG YANG SELALU MENGHIASI KEHIDUPAN KAMI BAIK DI DUNIA MAUPUN DI AKHIRAT KELAK. AAMIIN.

 

#KeluargaBintang

#AliranRasaGamelevel7

#KuliahBunsayIIP

 

GAME LEVEL 7 (DAY 10)

SEMUA ANAKA ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiiiim…

Setiap perjalanan berangkat ke sekolah, adek Bibie selalu menyanyikan sebuah lagu kesukaannya yaitu lagu Syamil dan Nadia. Ketika diminta menyanyikan sebuah lagu, hampir bisa dipastikan dia selalu mau dan semangat untuk bernyanyi. Suaranya lumayan merdu, dan sesuai dengan irama lagu yang sebenarnya walau kadang ada beberapa kalimat yang tidak jelas karena memang masih agak cedal. Tidak hanya dalam perjalanan saja, ketika susana sunyi sepi, ketika bermain, dia juga selalu menyanyikan lagu, entah lagu apapun yang dia hafal. Untuk mengasah bakatnya, kami biasanya menyediakan lagu anak-anak terutama lagu islami. Ketika adek Bibie mendengarkan sebuah lagu, selalu ada ketertarikan untuk menyimaknya kemudian langsung menirukannya. Sering saya amati matanya kelihatan berbinar-binar ketika menyanyikan lagu, lantang suaranya, begitu semangat dan percaya diri. Dalam hati kami berkata: “Teruskan nak….teruskan bakatmu….menjadi seorang qori alqur’an internasional…Imam Besar Masjidil Haram..Insyaallah…aamiin”.

Saya juga mengamati kakak di minggu-minggu ini, selain dia bakat dalam membuat karya kreasi tangan, dia juga suka sekali yang namanya dunia hewan. Ketika berbincang di rumah, dia suka membahas tentang hewan, ketika beli buku cerita yang dia pilih tema tentang hewan, atau aktor ceritanya hewan, ketika melihat film juga film tentang hewan. Beberapa kali kakak minta dibelikan hewan peliharaan semacam kelinci dan kucing untuk dirawatnya. Saking kepinginnya memelihara hewan, dia memelihara hewan seadanya yang ia temui, seperti semut. Dia ambil semut-semut yang ada di taman depan rumah, lalu dia masukkan ke sebuah wadah, dielus-elus hewan itu sambil mengamati matanya, pantatnya, kakinya, antenanya. Tak jarang dia juga memandikannya, memberi makan dan dia menyayangi seperti saudaranya sendiri. Kalau sudah berbicara tentang hewan, mata kakak kelihatan berbinar-binar seolah sudah menjadi bagian hidupnya. Ya memang kami belum berani memberi dia tanggungjawab untuk memelihara hewan karena selain masih kecil, dia pulang sekolahnya sore khawatir tidak terawat hewannya. Insyaallah tahun ajaran baru sekolah, kami akan membelikan hewan kesukaannya untuk dipelihara dan membersamainya untuk meninggikan gunung.

 

#Tantangan10Hari

#GameLevel7

#BunsayIIP

#KeluargaBintang

GAME LEVEL 7 (DAY 9)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiiim….

Sore hari pada saat peralan pulang dari sekolah, si kakak tiba-tiba nyelethuk bilang gini:

Kakak:”Bun…nanti kalau sudah nyampek rumah kita bikin baju barbie lagi ya? kita bikin celana ya?”

Bunda:”Oke dech…tapi kenapa tiba-tiba kakak bilang begitu…bukannya kalau bikin kreasi itu pas hari libur?”

Kakak:”Kakak dari tadi kepikiran mau bikin-bikin celana, gimana caranya guntingnya….njahitnya juga gimana….”

Bunda:”Oo…gitu…kakak suka banget bikin baju barbie? kok sampek kepikiran begitu…”

Kakak:”Iya bun…kakak suka banget…”

Rupanya kakak sudah mulai menemukan pasionnya,  kalau sudah kadung maunya apapun rintangannya dia akan lalui seperti yang dilakukan sore kali ini. Begitu sampai di rumah dan belum sempat ganti baju, kakak langsung cari kain bekas, gunting, dan peralatan jahit. Ya matanya berbinar-binar ketika melakukan itu. Dia bilang temannya juga ada yang suka bikin baju Barbie, jadi dia tambah semangat.

Begitu juga dengan adek Bibie, sore ini dia melanjutkan misinya membuat kontruksi jalan mobil dan kereta api dengan mainan legonya. Tangannya begitu terampil membuat kontruksi jalannya, tiap hari selalu berubah desain kontruksinya, sore ini membuat kontruksi jalan layang dengan pusat jalan dibuat setengah lingkaran. Sungguh indah kontruksi jalan yang dibuat seperti jalan yang ada di kota-kota besar.

Ayah:”Rupanya de Bibie bakat bikin-bikin kontruksi jalan, semoga nanti jadi arsitektur yang profesional”

Bunda:”AAmiin…”

Kita sebagai orang tua bertugas untuk terus menstimulus bakat yang dimiliki anak sejak dini, banyak memperkenalkan aktifitas-aktifitas yang lain kepada mereka agar mereka dapat menentukan pilihan sesuai dengan bakat dan pasionnya.

 

#Tantangan10Hari

#Gamelevel7

#BunsayIIP

#BintangKeluarga

GAME LEVEL 7 (DAY 8)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiiim….

Seperti biasa kalau pada hari libur, masing-masing kami melakukan aktifitas yang menjadi kesukaannya. seperti kakak misalnya, dia melanjutkan membuat kreasi yang minggu lalu belum selesai yaitu membuat baju barbie, hari ini dia mengembangkan kreasinya dengan membuat desain baju baru. Dia berusaha menjahit baju sendiri dengan menggunakan jarum tangan tanpa bantuan saya. Dia berkreasi dengan imajinasinya sendiri, seolah dia sudah kompoeten dan menyeam dalam dunia itu. Dia lupa makan dan bahkan waktunya istirajhat juga tidak istirahat, matanya keliahatan berbinar-binar ketika melakukan aktifitas itu. Dia sempat tertusuk jarum ketika menjahit baju, tapi dia pantang meyerah karena dia menyukainya. ketika saya samperi dan saya tanya-tanya tentang baju karyanya, dia menjawab dengan gambalng dan senang hati. Dia ingin menunjukkan karyanya kepada teman-teman kelasnya karena dia bangga dengan karyanya.

Berbeda dengan adek Bibie…Hari ini ia menghabiskan waktunya untuk membuat kreasi baru tentang jalan mainan kereta api dan mobil. Dia mengotak-atik lego menjadi sebuah jalan melingkar seolah seperti bundaran HI yang ada di Jakarta, jalannya bercabang-cabang ke seluruh penjuru bundaran kemudian ditambah dengan terowongan-terowongan yang bagus sekali. Sungguh imajinasinya benar-benar luar biasa, kecerdasan analisisnya begitu tajam. Perhitungan mantap dan tepat, tak ada jalan satupun yang cacat dan miring, Subhanallah…..(saya geleng-geleng kepala). Sepertinya dia jago mendesain sesuatu, saya harus mengembangkannya terus agar dia kelak benar-benar berkembang sesui dengan bakatnya. AAmiin…Setelah selesai membuat karya, dia selalu mendokumentasikan karyanya dengan menggunakan Hp punya saya.

Adek Bibie;”Ini ya…foto…mobil…kereta api…”

Bunda:”Oke…Siiip…adek Bibie hebat…”

Adek Bibie:”ini…bagus…jalan….kereta api…mobil…” (Sambil menunjukkan hasil jepretannya)

 

#Tantangan10Hari

#GameLevel7

#BunsayIIP

#KeluargaBintang

GAME LEVEL 7 (DAY 7)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiim….

Hari libur adalah hari yang paling menyenangkan terutama¬† bagi keluarga kami karena kami bisa full sehari berkumpul. Pada weekand kali ini, saya coba untuk membuka wawasan tentang profesi dokter kepada kakak karena kakak pernah punya cita-cita ingin jadi dokter. Kebetulan hari ini saya ada jadwal periksa ke dokter spesialis kandungan untuk memeriksakan kehamilan saya yang ke-3, masih minggu-minggu awal sih untuk memeriksakan apakah saya benar-benar hamil atau tidak. Pada saat perjalanan ke Rumah sakit saya berbicang kepada kakak tentang profesi dokter dan saya sampaikan bahwa hari ini akan menunjukkan kepada kakak tentang bagaimana tugas-tugas seorang dokter ketika menghadapi pasien agar dia nanti punya gambaran mengenaai profesi dokter. Kakak sangat antusias ketika saya bercerita tenytang profesi dokter dan sangat tertarik seklai tentang profesi itu. Nah…ketika sampai di Rumah Sakit, tiba-tiba dia berubah diam seperti ada sesuatu yang membuat dia takut.

Bunda:”Lho…kakak kok diam…kenapa?”

Kakak:”Kakak takut…kakak gak mau jadi dokter.”

Bunda:”Lhoh kenapa dengan kakak? kakak takut apa?”

Kakak:”Kakak takut disuntik…”

Bunda:”Kenapa kakak takut disuntik…yang periksa kan Bunda…dan Bunda tidak akan disuntik karena tidak sakit…Bunda cuma diperiksa perutnua aja…dilihat kondisi perut bunda pakai USG…nanti kelihatan perut dalam bunda…”

Kakak:”Enggak…pokoknya kakak takut…dulu hidung kakak pernah dimasuki corokan telinga…sakiiit sekali, kakak juga pernah lihat di rumah sakit banyak orang sakit yang diinfus…sakit kan Bun/”

Bunda:”Oalah…kakak…itu kan yang sakit…kakak kan sehat, kenapa harus takut…”
Kakak:”Kakak gak mau jadi dokter wes…ngeri….”
Bunda:”Oo…gitu…ya sudah terserah kakakmau jadi apa…yang penting sekarang gak usah takut ya…”

Rupanya si kakak agak trauma dengan peristiwa masa lalu ketika dia demam tinggi dan harus diperiksa lendir hidungnya untuk memastikan dia kena Flu burung atau tidak, karena pada waktu itu ada wabah Flu Burung. Dia memang agak trauma kalau diajak ke Rumah Sakit atau klinik, seperti seolah dia kembali ke masa lalu. Hari ini gagal untuk menunjukkan kakak tentang tugas Dokter karena dia tidak mau ikut masuk periksa dengan saya. Jadi mungkin saya harus berusaha melupakan memori dia tentang masa lalunya, meluruskan pola pikirnya tentang periksa ke Dokter tidak selama disuntik dan diperlukan tidak baik. Karena pada hakikatnya dia tertarik dengan profesi dokter, jadi jangan sampai dia patah semangat mengejar impian hanya karena trauma masa lalu.

 

#Tantangan10hari

#GameLevel7

#BunsayIIP

#BintangKeluarga

 

GAME LEVEL 7 (DAY 6)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiim…

Sore hari setelah bangun tidur, adek Bibie tiba-tiba menyapa saya yang baru saja datang dari kantor.

Adek Bibie: ” unda…unda…ini kereta api” (sambil menunjuk karya dia membuat jalan kereta api)

Bunda:” Waaah…subhanallah bagus sekelai…hebat ya de’Bibie”

Karya adek Bibie sore ini semakin tambah bagus dan unik, saya takjub dan terkesima, “Kok bisa ya…?”. Jalan kereta apinya berkelok-kelok di atas penyangga cakar ayam seperti jalan tol, ada terowongan panjang, jalan naik turun, ada rest area di sela-sela jalan kereta apinya, cukup indah sekali. Lalu adek Bibie melanjutkan membuat jalan lagi yang lebih bagus denan menambahkan pernik-pernik asesoris layaknya jalan-jalan di kota metropolitan. Adek bibie kelihatan berbinar-binar dan sangat menikmatinya sampai lupa makan, dia lakukan dengan penuh teliti dan presisi. hampir tidak ada cacat di dalamnya.

Sedangkan kakak sore ini melanjutkan mewarna gambar dengan menggunakan cat air, kakak juga begitu asyik melakukan aktifitas itu. Di sela-sela mewarna, kakak memberi tahu saya tips-tips mewarna, mencampur warna, teknik gradasi dan lain-lain berkaitan dengan mewarna, seolah-olah dia menguasai betul ilmu mewarna itu karena dia percaya diri dengan kemampuannya tentang mewarna. Rupanya dia pandai berimajinasi, banyak ide di kepalanya ketika membuat karya entah karya apapun.

Kakak:”Kakak suka sekali mewarna Bun…kakak ingin ikut lomba…”

Bunda:”Oya…waah bagus itu…dilatih terus kesuakaan itu biar lebih bagus…nanti Bunda coba tanyakan temannya Bunda kapan dan dimana ada lomba mewarna.

Kakak:”Tak tunggu kabarnya ya Bun…kakak ingin menjadi orang yang hebat mewarna…” (sambil tertawa kegirangan)

Bunda:”AAmiin…”

Mereka adalah Bintang keluargaku…Bintang masyarakat… dan Bintang surga…aamiin.

 

 

#Tantangan10hari

#GameLevel7

#IIPBunsay

#BintangKeluarga

 

GAME LEVEL 7 (DAY 5)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiim…..

Seperti biasa di sepanjang perjalanan pulang dari sekolah, kakak ceita-cerita tentang apa yang di sekolah dan berlanjut sampai di rumah. Obrolan selanjutnya adalah tentang kehamilan saya…karena kebetulan dia menemukan buku kontrol hamil saya di jok sepeda motor. Pada kesempatan ini saya buka wawasan mengenai profesi bidan untuk memberikan gambaran kepada dia tentang profesi bidan. Dan ternayata ini menarik bagi dia dan dia bersemangat untuk terus bertanya dan bertanya. hehehe…Nanti pada saat saya periksa akan saya coba ajak kakak untuk mengetahui apa yang dikerjakan oleh Bidan ketika menghadapi pasien agar dia lebih paham dan klik dengan apa yang telah didiskusikan sebelumnya.

Di tengah-tengan perbincangan saya dengan kakak, adek Bibie tiba-tiba menggandeng tangan saya dengan maksud menagajak saya untuk melihat karyanya.

Adek Bibie:”Ini…ini…kereta api…” (maksudnya…ini adalah jalan kereta api hasil karyaku)

Bunda:”Waah…subhanallah bagus sekali…hebat adek Bibie…”

Adek:”Bajus…..ini mobil…ini kereta”. (bajus=bagus…maaf masih agak belum jelas artikulasinya)…dia sambil menunjuk jalan yang telah dia buat bahwa ini adalah jalan untuk mobil dan ini adalah jalan untuk kereta api.

Semakin hari karya adek Bibie membuat jalan kereta api dan mobil semakin bagus dan variatif, desainnya semakin apik seperti layaknya di kota metropolitan, sepertinya dia terinspirasi dari Film Thomas dan Tayo kesukaannya. Hehehehe…

Bunda:”De Bibie suka ini?”

Adek Bibie: “Iya…bajus ya…bajus ya…ini…ini…iniiiii…”
Bunada: “yess…bagus…besok buat lagi ya…”

Adek Bibie dengan senangnya menjawab: “Oke…” sambil mengacungkan jempolnya.

 

#Tantangan10hari

#GameLevel7

#BunsayIIP

#BintangKeluarga

GAME LEVEL 7 (DAY 4)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiiim…

Di sepanjang perjalanan pulang dari sekolah kakak berbicara tentang ciptaan Allah yaitu langit dan hujan, kebetulan sore hari itu lagi gerimis tapi langit terlihat putih cerah. Dia sela-sela pembicaraannya dia juga mengajukan beberapa pertanyaan kepada saya, disinilah kecerdasan spiritualnya mulai muncul. Sesampai di rumah masih membicarakan lagi tentang ciptaan Allah tentang Hewan, ya karena memang dia suka hewan terutama hewan kecil dan yang menarik adalah membahas tentang rambut sebagian dari aurot wanita. Dia benar-benar sudah menjiwai tentang syariat itu, itu terlihat ketika dia memakai jilbab…waktu itu kelihatan rambutnya sedikit, lalu dia bilang:”Bun…rambut itu lho aurot perempuan jadi gak boleh keliahatan orang lain…berdosa…” (Batin saya…subhanallah…semoga engkau selalu menjaga kehormatanmu sebagai perempuan). Selain itu, ketika keluar rumah, kakak selalu memakai baju panjang dan berjilbab karena dia sudah meyakini bahwa seluruh tubuh wanita kecuali wajah dan telapak tangan adalah aurot. Dia benar-benar malu kalau sampai rambutnya kelihatan orang lain atau anggota tubuh lainnya. Dan memang dia juga gak suka baju pendek, kebetulan juga gak punya,,,hehehehe.

Sambil santai-santai di ruang tengah, saya ajak kakak ngobrol-ngobrol ringan tentang di sekolah dalam rangka menggali potensinya dalam bercerita dan menyampaikan pendapat. Saya akui kakak memang jagonya ngobrol…hehehehe…Cerita tentang cita-cita…kegiatan yang disukai…sambil saya observasi apa yang menjadi bakatnya.

Kalau adek Bibie lagi asyik mainan mobil-mobilan dan kereta api, jalan yang dibuat ditata rapi, tempat parkiran mobil juga dibuat serapi mungkin. Rupanya dia detail banget kalau lagi membuat sesuatu daan teliti. Kadang ada bagian yang kurang, tak jarang dia mencari-cari samapi ketemu karena menurut tudak enak dipandang kalau tidak perfect. Super sekali pokoknya…

Unik dan Istimewa mereka….Mereka adalah bintang…

#Tantangan10hari

#Level7

#KuliahBunsayIIP

#BintangKeluarga

GAME LEVEL 7 (DAY 3)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiim….

Sore ini terasa berbeda, membuat saya terkagum-kagum bangga dan bahagia…betapa tidak?

Pada saat saya pulang dari kerja, baru turun dari sepeda motor…anak-anak menyambut saya dengan penuh riang gembira teriak-teriak menyapaku…”Bunda…bunda…bunda datang…horeee bunda datang….”. Seolah kita lama tak bertemu, seperti rindu yang memuncak, subhanallah. Dan ternyata ada yang mau ditunjukkan kepada saya hasil karya mereka terutama hasil karya ade’Bibie.

Adek Bibie sambil menunjukkan hasil karyanya dengan mata berbinar-binar:”Ini…ini…ya….mobil…kereta api” (maksudnya adalah bahwa dia menunjukkan jalan kereta api dan mobil buatannya itu bagus). Dan benar-benar masyaallah saya tidak menyangka dengan segala keterbatasannya dia bisa membuat dan mendesain mainan berupa jalan kereta api begitu indah, meliuk-meliuk seperti jalan tol di Sumatera, begitu rapi dan presisi dalam membuat cakar ayam penyangga jalan. Saya benar-benar takjub, “Subhanallah…kok bisa ya?”. Saya tidak pernah mengajarinya dan di sekolah saya rasa juga tidak pernah diajari membuat semacam itu, imajinasi adek Bibie memang luar biasa. Agar dia lebih semangat dan bangga dengan karyanya, saya berikan pujian dan memotivasinya untuk membuat lagi…dan lagi. dan benar adek Bibie membuat lagi karya yang lebih bagus. benar-benar AWESOME.

Kemudian kakak juga tidak sabar ingin menceritakan sesuatu tentang di sekolah dan yang seru adalah cerita tentang semut kesukaannya. Ya…dia sangat suka semut, kakak ini kecerdasan naturalnya luar biasa, keliahatan dia sangat menyukai hewan-hewan teruatama hewan-hewan kecil seperti semut. Pada kesempatan ini, saya mencoba untuk berdiskusi tentang semut. Selain meningkatkan kecerdasan naturalnya juga meningkatkan kecerdasan bahasanya karena dia juga suka bercerita, siapa tau memang itu bakatnya. Setiap membicarakan tentang semut, dia kelihatan berbinar-binar, menarik dan menyenangkan, seperti semut itu sudah menjadi sahabat hidupnya. Dia bilang:”Semut itu lho bun lucu, imut,… kakak suka digigit semut, kakak suka memeliharanya….” dan bla…bla…bla…cerita tentang semut…pokoknya tidak ada habisnya kalau berbicara tentang semut. hehehehehe…

Memang benar anak-anak itu uni dan istimewa….ya mereka adalah BINTANG.

 

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunsayIIP

#BintangKeluarga

GAME LEVEL 7 (DAY 2)

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

IIP

BUNDA SAYANG

Bismillahirrohmanirrohiiim….

Pagi-pagi setelah bangun tidur kakak dengan gembiranya menyambut saya sepulang dari pasar. Sesuai dengan rencana kemaren sore kita akan masak bersama membuat makanan yang namanya NUGGET AYAM WORTEL.

Kakak:”Bunda…bunda…kakak tau dari mana bunda pagi ini….”

Bunda:”Wah…tumben kakak bangunnya pagi-pagi sekali…ada apa nich? memang dari mana bunda? hayooo…”

Kakak:”Pasti bunda dari pasar beli bahan-bahan untuk bikin nugget kan?”

Bunda:”Lhoh kok tau?”

Kakak:”Ya iyalah…kan seperti rencana kemaren sore…kalo kakak dan adek mau diajak masak sama bunda….yeeee” (kakak sambil lonjak-lonjak kegirangan)

Setelah beberapa kali saya amati kakak dan adik setiap hari main masak-masakan, makanya hari ini saya bikin proyek masak bersama koki-koki cilik di dapur yang sesungguhnhya. Berdasarkan rencana yang telah disepakati, ada pembagian tugas ketika memasak di dapur. Kakak bertugas melumuri nugget yang telah dicelupkan dalam adonan tepung basah, adek bertugas mencelupkan nugget yang telah dilumuri tepung kering, sedangkan bunda yang bagian bikin adonan nugget dan memotong-motong adonan yang telah dikukus. Masak-memasak di dapur hari ini jadi seru karena kakak dan adek benar-benar terlibat dalam proses memasak, mata mereka kelihatan berbinar-binar ketika melakukan aktivitas itu karena hampir tiap hari mereka bermain yang namanya masak-masakan.

Setelah selesai bikin nugget dan sarapan pagi, kakak membikin kreasi yang menjadi kesukaannya yaitu membuat hiasan baju boneka, ya seperti yang dilakukan kemaren. Kakak berjam-jam menghabiskan waktu untuk membuat kreasi itu dan benar-benar menikmatinya (Easy, Easy dan Excellent). Begitu juga dengan adek, dari kemaren begitu asyik mendesain jalan, jembatan, dan jalan layang untuk jalannya mobil-mobilan dan kereta api. Si adek begitu teliti dan lihainya bikin jalan-jalan itu seperti apa yang pernah dia lihat di jalan yang sebenarnya. Subhanallah…semoga kelak apa yang kau lakuakn sekarang menjadi impian terbesarmu dan menjadi kebanggaanmu.Amiiin. Sesekali saya nyamperin mereka dengan bertanya-tanya apa yang mereka kerjakan mereka dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Sepertinya memang seruuuu….

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunsayIIP

#BintangKeluarga

 

 

Skip to toolbar