Monthly Archives: July 2017

TANTANGAN HARI KE-7 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.

Serba serbi emak-emak yang lagi rempong dengan urusan rumah…jadi kethetheran semua…

Sudah tiga hari ini saya tidak mencatat laporan perkembangan anak-anakku terkait kemandiriannya. Hari selasa, pasa kebetulan ada kabar duka dari teman sekantor, orang tuanya meninggal…ya akhirnya saya ikut takziyah ke Lamongan, dan pulang nyampai rumah maghrib, begitu nyampek di rumah setelah ngobrol-ngobrol dengan anak-anak…capek…akhirnya babla tidur, lupa dech tidak nulis…hehehe…Besoknya cabut ke kediri ke rumah kakak paling tua (berangkat Haji). Karena sibuk banget di sana dan tidak bawa laptop akhirnya tugas menulis tantangan juga tidak terlaksana…hohoho…tapi insyaallah tetep melatih anak-anak untuk belajar mandiri.

Alamdulillah kakak sudah mulai hebat mau tidur sendiri di kamarnya, gak perlu ada pengantar tidur sperti biasanya. paling cuma saya ingetin untuk selalu baca doa sebelum tidur, doa untuk kedua orang tua dan ayat kursi. Untuk sholat jam’ah dengan ayah juga alhamdulillah sudah mulai terbiasa, tadi pagi malah bangun duluan ketika adzan shubuh, dan si kakak bisa bangunin ayah untuk sholat subuh berjama’ah, karena beberapa hari ini saya lagi ‘udzur. Sebenarnya kakak juga saya latih untuk menaruh baju kotor di bak, sebelum mandi selalu saya ingatkan kalau menaruh baju di bak baju kotor, karena kebiasaan si kakak menaruh baju kotor sembarang.

Untuk ade’bibie masih tetep seperti biasa makannya masih minta ditemeni, buang sampah sudah lumayan terbiasa, ta[pi kadang-kadang masih diingetin.

TANTANGAN HARI KE-6 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Assalamu’alaikum….

Hari ini adalah hari pertama melatih skill kemandirian yang lain setelah 5 hari kemaren kakak sudah berhasil mandiri dalam hal merapikan tempat tidurnya sendiri dan menaruh piring ke tempat cucian piring setelah selesai makan. Skill yang dilatih pada hari ini adalah tidur sendiri di tempat tidurnya…sebelumnya kakak masih tidur bareng dengan bunda dan adek…jadi ngruntel seperti pindang…setelah saya prolog kesana kemari dengan menerapkan komprod akhirnya kakak mau pisah tempat tidur alias punya tempat tidur sendiri, awalnya ditemani dulu ketika mau tidur…kita arahkan untuk berdoa dulu…doa mau tidur, doa kedua orang tua da ayat kursi, setelah dia mulai nyenyak tidur baru saya tinggal.Alhamdulillah…setelah bangun tidak rewel dan baik-baik saja…malah dia minta malemnya gak usah ditemani. kemudia skill kemandirian yang lain adalah sholat 5 waktu berjama’ah bersama ayah. Biasanya kalau saya lagi haidh, kakak tidak mau sholat walau bersama ayah. Dengan saya ajak ngobrol dan saya ingatkan tentang dirinya sudah kelas 1 SD, maka pelan-pelan akhirnya si kakak mau sholat berjam’ah dengan ayah tanpa ada saya, ya kadang agak ngambek sih si kakak, yaaa pelan-pelan…semoga berikutnya menjadi lebih baik dan istiqomah.

Untuk ade Bibie hari ini masih tetep makannya perlu di dampingi, belum mau makan sendiri tanpa didampingi, malah tidak mau makan kalau tidak di dampingi, ya harus sabar dan telaten sampe dia bener-bener bisa mandiri. Kemaren sudah mau pake sepatu sendiri, tapi tadi tidak mau karena agak mogok…ngambek karena ditinggal ayah ngantar kakak…tapi dia ketika di sekolah mau melepas sepatu sendiri dan menaruh sendiri sepatu di rak sepatu sekolah. Hebat dech pokoknya de’Bibie.

#level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

 

 

TANTANGAN HARI KE-5 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Assalamu’alaikum…

Alhamdulillah dari hari ke hari…anak-anak cukup mandiri terutama kakak Cia dalam membereskan kamar tidurnya…Kakak cukup semangat…karena kamar tidurnya baru…kakak juga sudah terbiasa menaruh piring setelah makan ke tempat cucian piring tanpa disuruh.

 

Mulai hari ini ditambah melatih kemandirian yaitu belajar tidur sendiri di tempat tidurnya sendiri, sebelumnya biasanya minta ditemani sebelum tidur. Tadi malem sebelum tidur biasanya ke kamar bunda ayah…pamitan mau bobok…dan minta arahan doa apa saja yang dibaca sebelum tidur…dan saya sarankan untuk membaca doa sebelum tidur, doa untuk kedua orang tua dan ayat kursi.

Untuk de’Bibie…alhamdulilah sudah terlatih buang sampah di tempat sampah, makan masih sperti biasa minta ditemani. Tapi hari ini juga tambah belajar kemandirian yaitu memakai sepatu sendiri, maklum masih awal-awal lama banget mau pake sepatu…tapi cukup seangat karena sepatunya baru…

#Level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

TANTANGAN HARI KE-4 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Assalamu’alaikum….

Alhamdulillah kakak Cia dan de”Bibie banyak perkembangannya hari ini dalam hal kemandirian….

Kakak Cia sudah konsisten merapikan tempat tidurnya setelah selesai bangun tidur. Pagi tadi saya tengok kamarnya sudah rapi dan bersih…pakek banget. Kakak itu paling jempol kalau dalam urusan beres-beres. Saking rapinya, kita itu dilarang masuk kamarnya agar tidak kotor dan berantakan katanya..hehehehe..

(lagi lemod jadi gak bisa up load fotonya)

Kalau adek Bibie makannya masih perlu didampingi, piringnya masih minta dipegangi bundanya, nasinya juga masih minta dibulet-buletin, tapi minimal dia sudah berusaha makan dengan tanggannya sendiri. Alhamdulillah untuk buang sampahnya sudah hebat, selesai makan kue atau minum susu kotak sudah otomatis membuang sampah sampahnya ke tempat sampah tanpa disuruh.

Semogaistiqomah ya kakak dan adek….

#Level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

 

TANTANGAN HARI KE-3 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Assalamu’alaikum…

Cerita pagi tadi…

Hari ini si kakak cukup semangat bangun paginya…bangun tidur dia buka pintu kamarnya dan bilang ke bunda kalau dia mau beres-beres tempat tidurnya, Alhamdulillah….. Rupanya kakak sudah mulai terbiasa….

kakak: ” Bun…kakak mau beres-beres tempat tidur…pake kebas ya bun?

Bunda: ” Boleh….kakak  bisa bersih-bersih pake kebas?

Kakak: ” sudah lah..kan bunda kemaren yang ngasih tau caranya.”

Bunda: “Ye..ye..ye..ye…kakak tambah hebat sudah bisa bersih-bersih pake kebas…alhamdulilah….”

Pagi ini kakak tidak sarapan dulu…tapi mandi dulu si kakak…karena masakan bunda belum mateng…hehehe…agak kesiangan…hihihi.

Habis mandi kakak baru sarapan pagi…menu favorit sarapan paginya adalah sayur SOP dengan lauk sosis goreng..hemm…sadap…

Habis sarapan…karena bengong nonton upin ipin jadinya lupa dech kakak naruh piring ke tempat piring…akhirnya saya harus mengingatkan lagi..

Bunda: “emm…kakak lupa ya kalo habis makan piringnya taruh mana?”

Kakak: “hee…iya…bun…lupa…habis seru upin ipinnya..”

memang kita harus telaten ngingetin anak-anak untuk melatih kemandiiannya, nanti juga akan terbiasa melakukannya sendiri tanpa harus di suruh.

****

Ade’Bibie pagi ini makannya masih perlu di dampingi…dia belum mau makan sendiri 100%…saya harus masih membuat buletan nasi sebelum dia mengambil untuk di makan. yaa…memang harus sabar untuk berproses menjadi mandiri. Tapi hari ini de’Bibie hebat sudah mau buang sampah sendiri tanpa di suruh. Seperti biasa sebelum masuk kela dia ngemil dulu biskuit dan se botol susu coklat. Setelah selesai ngemil, dia mau buang sampah sendiri di tempat sampah…alhamdulillah…semoga semakin hebat ade’Bibie

(khusus ade’ Bibie tidak ada dokumentasi…kalau difoto…HPnya terus diminta, jadi kami sengaja tidak menunjukkan HP biar dia tidak main HP)

#Level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

TANTANGAN HARI K-2 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Assalamu’alaikum….

Cerita hari ini….

Pada saat bangun pagi…kakak langsung menuju dapur dan bilang mau sarapan…”haaa…pagi-pagi kok sudah minta sarapan? kakak sudah laper?”….”iya bun…soalnya tadi malem makannya sedikit” Jawab kakak…”Emmm…kakak sudah beresin tempat tidurnya apa belum ya?…hehehehe..”. “Oh iya…kakak lupa…hihihi…oke dech kakak beresin dulu…tapi habis itu kakak sarapn dulu lho…”Kata kakak. “Oke siap…” Jawab saya. Alhamdulillah kakak mau merapikan kamar tidurnya dengan senang hati.

Percakapan selanjutnya:

kakak: “Bunda…kakak sudah selesai…coba bunda liat kamarnya…rapi banget…kakak suka…”

Bunda: “oya…wah…kakak hebat bisa beresin kamarnya sendiri…coba bunda liat kamarnya…”

kakak: “gimana bunda? rapikan?

bunda:”subhanallah….rapinya…pasti ayah juga senang lihatnya…terimakasih kakak yang hebat…

kakak:” besok kakak beresin kamar tidur lagi aaah…gampang kok.”

Bunda:” yes…sip…”

Selanjutnya si kakak sarapan…setelah selesai makan…kakak menaruh piringnya begitu saja di tempat di mana dia makan, sayapun langsung menghampirinya…

bunda:” oiya kakak…boleh gak bunda bilang sesuatu?”

kakak: “apa bun?”

bunda: “kalau habis makan…piringnya ditaruh di tempat cucian piring ya…biar gak dirubung semut, terus biar bersih…ya…bisa kan?”

kakak: “ooo…gitu…bentar lagi ya bun…masih nonton…”

bunda:” oke dech …bunda tunggu…”

akhirnya setelah selesai noton…kakak menarih piringnya di tempat cucian…alhamdulillah.

(maaf tidak ada dokumentasinya…HPnya pas lagi di charge)

Hari kedua ini de’Bibie sudah mulai hebat…mau maem sendiri dengan tangannya., si ayah yang telaten mendampingi de’bibie makan. kali ini nasinya tidak dibulat-bulat dulu seluruhnya…jadi strategi ayah..setiap suapan baru dibuletin, dan akhirnya ade Bibie  mau mengambil buletan nasi itu untuk dimakan dengn tangannya sendiri dan sampe habis…alhamdulillah,…ternyata strategi ayah berhasil…alhamdulillah…berikutnya akan saya tiru. untuk buang sampah, ade bibie sudah hebat, hanya dibilangi buang sampah saja dia sudah mengerti kalau buang sampah di tempat sampah.

(Untuk ade Bibi juga tidak ada dokumentasinya…setiap mau difoto ada saja tingkahnya…hehehe)

#level2

#BunsayIIP

#melatihKemandirian

#Tantangan10Hari

TANTANGAN HARI KE-1 (MELATIH KEMANDIRIAN)

Melatih kemandirian anak sebenarnya sudah saya lakukan sejak anak-anak masih bayi tapi karena saya tidak konsisten jadi setengah-setengah hasilnya. nah…setelah mengikuti kuliah Bunsay level 2 ini jadi tau step-step melatih kemandirian anak dan bagaimana caranya…dan tentunya disesuaikan dengan umur anak-anak. Pada kesempatan ini saya ingin melatih kemandirian anak saya yang pertama (kakak Cia, 6 tahun 3 bulan) dan anak yang ke-2 (ade’Bibie, 4 tahun 11 bulan).

Untuk kakak Cia (6 tahun 3 bulan)

  • Melatih merapikan kamar tidur sendiri
  • Melatih menaruh piring stelah makan di tempat cucian piring

Untuk ade’bibie (4 tahun 11 bulan)

  • melatih makan sendiri
  • melatih membuang sampah di tempat sampah

Di hari pertama ini sungguh butuh perjuangan terutama untuk ade’Bibie karena masih terbiasa disuapin. Awalnya ketika melatih makan sendiri saya coba nasi dibentuk bulat-bulat yang sudah dicampur dengan abon (makanan kesukaannya) saya taruh di pirig biar si adek mudah untuk mengambil dengan tangannya…ketika saya sodorkan makanan itu dan sambil saya tawari makan..”ayo de’bibie maem dulu…nich sama abon”…”iya….maem”…jawabnya….”ayo coba ambil nasinya….niiih sudah dibulat-bulat sama bunda…yuk anak hebat…”…ternyata dia gak mau…padahal tinggal ambil aja…dia minta disuapin dan diasuapin…akhirnya saya tidak menghiraukannya…dan dia memilih tidak makan…yaaaah…belum berhasil..tidak masalah..besok akan saya coba lagi…mungkin harus ubah strategi. Untuk buang sampah…alhamdulillah sudah berhasil..awalnya saya anterin dulu dia ke tempat sampahnya…lama-lama berikutnya si adek mau bunag sampah sendiri.

Untuk kakak di hari pertama…belajar membereskan kamar mandi dengan melipat selimut terlebih dahulu. sebelumnya saya kasih pengantar dulu kenapa harus membereskan kamar tidur sendiri dll. Alhamdulillah si kakak antusias banget karena kebetulan tahun ini adalah tahun pertama masuk SD. dan dia merasa bahwa kalau sudah Sd itu harus mandiri. nah…setelah beresin selimut…dia mulai membersihkan tempat tidur dengan kebas sapu lidi.

#Level2

#BunsayIIP

#Melatih Kemandirian

#Tantangan 10 hari

 

Skip to toolbar