Tantangan Hari Ke-9 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmtadanirrohiiiiiim….

Alhamdulillah sekarang sudah memasuki hari ke-15 puasa Romadlon, semoga tetap istiqomah dalam menjalankan ibadah di bulan ini.AAmiiin. Hari ini cukup menyenangkan bagi kakak karena apa yang dia inginkan untuk berenang akhirnya terwujud setelah beberapa bulan tak pernah berenang.

Hari Sabtu dan Ahad adalah hari yang tidak menyenangkan bagi kakak karena dia tidak bisa bermain dengan teman-temannya. Walaupun di rumah juga ada teman yaitu de’Bibie tapai kakak tetap merasa tidak menyanangkan karena si adek suka gangguin kakaknya kalau lagi bermain (bikin kacau). ┬áTadi pagi setelah shubuh kakak tidur lagi, dan sesui dengan praduga saya bahwa kakak akan marah-marah habis bangun, dan benar kakak bangun dan mencari-cari saya marah-marah tidak jelas. Saya berusaha mendengarkan apa yang dia omelkan sebagai bentuk empati saya terhadap apa yang dia rasakan. dan biasanya saya yang selalu disalahin. Setelah kakak selesai ngomelnya saya pun meresponnya: “OO…gitu?? ” kakak menjawab: “Iya…(bla…bla…bla)”, saya: “Sedih ya kak….kakak lagi bosen ya?, kakak: “iya…kakak ingin jalan-jalan…”, saya: ” OO…kakak ingin jalan-jalan kemana?”…kakak: “Ingin jalan-jalan berenang”. “Tapi kakak kan puasa…kakak kuat panas-panas di jalan”. kakak: “Kuat kok bunda…tambah semangat kakak kalau jalan-jalan dan laparnya hilang, kalau kakak diam aja di rumah jadi bosan, terus tambah lapar, bunda sih gak ngajak bermain”, “OO..gitu ya? terus…terus…”. Kakak:” sudah bun…sekarang kakak mau bantuin bunda, boleh kan?. Saya: “Boleh donk, bunda seneng banget kalau mau bantuin”. Suasana jadi begitu chair dan menyenangkan.

Setelah selesai setrika, menyapu lantai, mandi dll, saya dan kakak berangkat ke tempat renang. ya kami memang cuma berdua (saya dan kakak)karena saya ingin me time bersama kakak agar bonding saya dengan kakak lebih kuat. Sambil bermain di play gound kakak bercerita santai tentang pengalamannya ketika dia berenang bersama-sama dengan temannya di tempat itu, sesekali saya selipi bercanda dan foto selfi dengan kakak, kadang kita gantian saling memfoto. Ternyata kakak punya bakat fotografer, jepretan yang dia ambil ternyata bagus dan tepat. Alhamdulillah…

Oiya…kemaren sore kita melakukan family forum sebagai agenda kita di sore hari sambil menunggu waktu buka puasa, di Family forum biasanya kita mengobrol tentang aktifitas hari itu, pegalaman-pengalamn menarik di hari itu bahkan keruwetan-keruwetan di hari itu. Di family forum itu kami sisipkan sedikit tantang puasa kepada si kakak, kenapa harus puasa, kenapa harus sabar, dll agar family forum itu juga memiliki makna yang lebih tidak sekedar ngobrol-ngobrol yang kesana kemari.

Demikian uirain tentang pengelaman tantangan kami di hari ke-9 ini. Semoga semakin istiqomah dan semangat dalam berlatih untuk komunikasi produktif. AAmiiin. Never give up.

#level1

#day9

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar