Tantangan Hari Ke-8 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmanirrohiiim…

Kemaren sore setelah pulang dari kantor,┬ádan setiba di depan rumah saya disambut oleh ana-anak di depan pintu…”Horeeee…bunda datang…” kata mereka, mereka pun satu persatu salim dan cium sayang ke saya. Kemudian kakak cerita-cerita pengelaman serunya bermain bersama teman-temannya di TPA dan kemudian menunjukkan hasil karya, LKS, jurnal, dan peralatan tulis dari sekolah. Pada saat kakak menunjukkan alat tulis berupa spidol ternyata de’Bibie mengincar spidol dan dia berusaha untuk meminjam spidol dan merebutnya. Nah, disitulah mulai terjadi pertengakaran….kakak gak mau minjami dan de’bibie berusaha merebut dan memukul…walhasil akhirnya si kakak menangis sambil marah-marah ke adek karena kakak┬ádipukul sama adek. Kakak akhirnya berjalan menuju ke saya dan duduk dipangkuan saya sambil menangis, “Cup…cup..nak…yang sabar ya?”Saya berusaha menenangkannya. Tapi tetap saja kakak ngomel-ngomel tidak terima dengan perlakuan sam si adek. saya berusaha diam dan menunjukkan empati ke kakak sambil mengelus-elus punggungnya. “OO…gitu?”tanya saya, kakak merasa kalau saya mendengarkan omelannya, dia sdikit lega taetapi tetap lanjut ngomelnya. ” Terus kak…” lanjut lagi…”O…terus?, sampe berkali-kali tentunya dengan jeda mendengarkan omelannya. Akhirnya setelah selesai mengunkapkan perasaannya, saya ganti yang ngomong: “OO..gitu…terus enaknya gimana kak?”, si kakak dengan lega memberikan penjelasan mengenai apa yang dia inginkan…dan akhirnya tersenyum manis dech…dan sudah selesai permasalahan. Si adek juga tidak marah lagi setelah ditangani si ayah.

Kami biasanya kalau anak-anak lagi bertengakar, kita bagi tugas untuk menyelesaikan pertengakaran, kakak biasanya saya yang megang dan adek dipegang ayah (dipegang maksdunya ditangani). Alhamdulillah suami banyak berperan akhir-akhir ini selama saya berlatih komunikasi produktif. Nular kali ya…hhehehehe..Akhirnya suasana menjadi chair kembali, kakak dan adek juga baikan lagi, Alhamdulillah…

Selanjutnya kita memulai family forum di sore hari sambil ngabuburit. kakak minta dibacain buku cerita sedangkan adek minta main game bersama ayah, cucok dech mereka berdua suka banget ngegame…tentunya yang mendidik ya gamenya. Sebelumnya saya awali dengan ngobrol ringan bersama suami mendiskusikan apa saja kegiatan di hari itu, sedikit-sedikit ngobrol tentang recana mudik dsb.

Alhamdulillah semakin hari..komunikasi produktif menjadi terbiasa walau kadang sedikit ada yang lupa. Semoga selalu istiqomah untuk berlatih…berlatih…berlatih teris. aamiin.

 

#level1

#Day8

#Tantangan10hari

#Komunikasiproduktif

#kuliahbinsayiip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar