Tantangan Hari Ke-7 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmanirrohiim….

Alhmadulilllah segala puji Allah SWT. sampai saat ini saya masih diberi kesehatan dan ekuatan untuk menjalankan ibadah puasa dan menjalankan segala aktifitas baik di rumah maupun di Laboratorium. Dalam berlatih komunikasi produktif memang butuh kesabaran dan keistiqomahan, bila tidak maka hasilnya tidak maksimal dan cenderung berputus asa. Hampir saja hari ini saya tidak tahan menahan amarah dan ngomel-ngomel ke kakak (Cia), lagi-lagi saya menaraik nafas panjang agar tidak sampek marah dan sesekali satya beristighfar.

Mulai tadi pagi kakak mudnya lagi gak bagus gara-gara saya tidak bisa mengambil rapot di sekolah pagi hari seperti yang lain karena saya ada jadwal mengawas ujian mahasiswa S1, adaaaa saja yang diomelin kakak ke saya…yang minta dibelikan susulah, minta jalan-jalan lah, gak mau pake baju sendiri dan bla..bla..bla…pokoknya criwisnya kakak keluar semua…hehehe..saya berusaha untuk diam dan tenang..saya ajak bicara kakak dengan tenang, “Kakak…bunda sudah SMS Bu Guru (B.Is) kalau bunda datang telat ngambil rapot, dan bu Guru mengizinkan…”. Kakak merespon: ” Lha tapi kan malu…terlambat”. Saya: “Ooo..kakak malu? tapi Bu guru kan sudah mengizinkan? Jadi menurut kakak gimana?”. Mencoab menerapkan KISS, jadi tidak terburu-buru memberikan penjelasan yang banyak biar gak bingung kakak sambil melatih kakak untuk menyelesaikan masalah. Lalu si kakak mulai berfikir. Disitulah kakak mulai bisa tenang walau agak sedikit cemberut, tapi minimal saya melaksanakan solusi yang diberikan kakak agar ada kepercayaan padanya.

Setelah tiba di sekolah, saya segera menghampiri kakak di TPA yang sedang bermain dengan teman-teman, dengan melambaikan tangan dan mata berbinar-binar saya menghampiri dia, “Kakak jadi ikut bunda ngambil rapot???”. Kakak menjawab: “Gak jadi wes…bunda saja..tadi pagi kakak cemberut soalnya belum ada teman…sekarang sudah ada teman…”, ” OO..oke dech…selamat bermain ya…?” Jawab saya. Ternyata tadi pagi ngomel bukan karena saya ambil rapot telat tetapi rupanya dia bosen butuh teman bermain, dari sini saya tau bahwa kakak tidak suka aktifitas monoton, suka bermain dengan teman sebayanya. Jadi,  saya harus banyak memberikan waktu untuk bermain dengan kakak sehingga dia tidak bosan di rumah.

Alhamdulillah, kemaren sore saya sudah mulai family forum lagi, selepas pulang dari kantor sambil tidur-tiduran bersama anak-anak dan suami ngobrol bareng, sesekali menemani ade’Bibi bermain game huruf dan angka yang seru banget. Setelah itu juga mendengarkan pengemalan kakak yang baru saja berkunjung ke Panti Asuhan. Si kakak bercerita dengan sangat antusias dan ayahpun meresponnya dengan memberikan pujian. Kemudian mendengarkan  ayah ngobrolin tentang tugas proposal tesisnya, kami berbincang dengan santai dan saling tukar pikiran…Yaa…rasanya sore itu menjadi chaiiir banget suasananya sambil ngabuburit. Semoga family forum tetap selalu ada di sore hari.

Tantangan komunikasi produktif ini membuat kami menjadi terbiasa untuk selalu berbenah dab berbenah. Terimaksih IIP. Tetap Semangat ya…

#level1

#Day7

#Tantangan10hari

#KomunikasiProduktif

#Kuliahbunsayiip

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar