Tantangan Hari Ke-6 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmanirrohiiim….

Alhamdulillah…sekarang hari ke-2 komprod untuk poin “KISS”. Semakin hari semakin menantang…hehehe.. karena poin KISS ini agak lumayan susah bagi saya…karena terbiasa panjang lebar kalo ngomong sama kakak baik ketika meminta bantuan atau memerintah melakukan sesuatu.

Ya…tadi pagi ketika kakak bangun sahur tanpa saya bangunkan…dia tiba-tiba menuju ke tempat sholat untuk mencari saya, karena dia biasanya ketika bangun saya masih ada di sisinya. Dia diam menunggu di pintu tempat sholat karena saya belum selesai sholat tahajjud. Sedikit terdengar di telinga saya kalo kakak lagi ngomel-ngomel, ” Bunda kenapa sih kakak gak dibangunkan? sekarang kan waktunya sahur, kalo sahurnya terlambat nanti keburu imsak, soalnya kakak gak boleh telat masuk sekolah…mau ke panti asuhan…dan..bla..bla..bla…” Ketika saya selesai berdoa…saya langsung menatap wajah kakak dengan tersenyum (pura-pura tidak tau apa yang diomelkan tadi):” waah…subhanallah kakak sudah bangun ya…hebat dech kakak sudah bangun duluan tanpa dibangunkan bunda..(sambil mengacungkan jempol)”. si kakak akhirnya tersenyum malu…di saat sperti ini saya mencoba mempraktekkan KISS karena kakak sudah mulai mood…”Kakak boleh cuci muka dulu…” saya kasih jeda agar si kakak melakukan aktifitas dulu. Tapi si kakak menolak, dia kepinginnya langsung makan sahur. Akhirnya saya lanjutkan perintah berikutnya: “Emm…sekarang kakak mau sahur apa?” saya mencoba memberi kesempatan untuk menjawab (sebenarnya gak sabar sih…kelamaan…hehehe…tapi saya ingat bahwa setiap hari harus berlatih untuk KISS). Si kakak rupanya bingung, dan masih diam-diam aja, saya mencoba untuk mengajak dia ke dapur, dan saya berusaha untuk memberi kesempatan memilih apa yang dia suka apa saja makanan yang di meja. Si kakak tersenyum karena menemukan makanan yang dia suka. “Oke…sekarang kakak ambil piring dulu ya…”. Si kakak mengambil piring dan memberikan saya untuk diambilkan nasi. Setelah selesai sahur. dsb, kakak tiba-tiba bertanya: Habis ini kakak ngapain lagi?”. Emm..rupanya si kakak sudah terbiasa dengan intruksi bertahap, berarti besok saya akan terbiasa menerapkan KISS ke anak-anak.

Dua hari ini saya tidak ada family forum karena kebetulan suami lembur proposal tesis…saya tidak ingin mengganggu aktifitas suami agar tugasnya segera kelar. Tapi saya mencoba mencari waktu senggang suami pas lagi tidak mengerjakan tugas, saya berusaha mendekat dan ngobrolin tentang anak-anak. Alhamdulillah…walau waktunya cuma sebentar…tapi masih sempat ngobrol dengan suami tentang anak-anak.

Demikian uraian tentang tantangan saya di hari ke-6 ini, mudah-mudahan selalu istiqomah berlatih dan Never give up!!!.AAmiiin

#Level1

#Day6

#Tantangan10hari

#Komunikasi Produktif
#Kuliahbunsayiip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar