Tantangan Hari Ke-5 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmaniirohiim…

Alhamdulillah hari ini terasa lebih baik dari kemaren…dan cukup spesial hari ini karena si kakak tadi pagi waktu sahur dia bilang:”Bunda…puasa bulan ini lho seru banget…soalnya bunda gak marah-marah lagi dan suka senyum..” Saya dengan mata berbinar-binar sambil memeluk si kakak spontan bilang:”Oyaaa…waaah seneng donk kakak…bunda juga senang….” (dalam hati saya…yes…yes…yes…berhasil) saya lanjutkan berkata:”Kakak doakan terus ya supaya bunda gak suka marah-marah dan bentak-bentak…hehehe…dan sabar….”.

Ya Allah rasanya seperti mimpi karena kakak hari ini merasa senang tidak seperti biasanya..alhamdulillah ya Allah.

Karena menurut saya selama 5 hari ini sudah berjalan dengan baik menjalin komunikasi produktif pada poin intonasi┬ádan suara ramah maka di hari ini juga saya mulai komprod pada poin KISS (Keep Information Short & Simple) karena menurut saya itu hal yang penting kedua untuk saya terapkan ke anak-anak, mengingat anak-anak (kakak Cia dan de’Bibie) suka gak tuntas kalau dimintai bantuan…maklum karena mboknya banyak ngasih perintah dalam satu waktu..jadi mungkin mereka bingung so gak bisa tuntas.

Kebiasaan saya ketika nyuruh anak-anak itu sering menggunakan kalimat majemuk dan bercabang…hehehe…misalnya pas waktu pagi dan waktunya agak keburu-buru: “Kakak habis ini segera mandi ya…disiapin dulu bajunya dikamar mandi, ambil handuk di luar, terus jangan lupa handuknya ditaruh lagi ke tempatnya,…jangan lupa habis itu sisiran ya..”, walhasil dia hanya melakukan 1 aktifitas saja.Yaach…memang betul kita menggunakan komunikasi tidak produktif, so anak-anak tidak berhasil melakukan semua aktifitas. Kita terlalu kemaruk ngasih perintah…

Nah…tadi pagi, saya coba untuk berlatih komunikasi produktif “KISS”. Ketika kakak selesai sahur..Si kakak saya minta untuk menaruh piring ke tempat cucian piring, perlahan saya tunggu untuk melakukan aktifitas itu. saya sebenarnya sudah gak sabar memberikan intruksi lagi karena kebiasaan ngasih perintah berabtai…hehehe..hari ini saya berusaha untuk menahan itu. Setelah selesai aktifitas pertama, si kakak saya minta untuk minum air putih. dan sterusnya…perlahan-perlahan..hampir tadi keceplosan memberikan perintah lebih dari satu dalam satu waktu, tapi untungnya si kakak bertanya: ” apa bun?”, saya jawab: Oh nggak…gak jadi…bunda keliru ngomong?…hehehe, “Habis ini kakak ambil air wudlu ya…sudah subuh…”.

Demikina tadi serangkaian aktifitas komunikasi produktif dengan anak-anak terutama pada kakak, semoga selalu istiqomah untuk berlatih tiap harinya sehingga menjadi sebuah kebiasaan baik bagi kita.aaamiiin.

 

#level1

#day5

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar