Tantangan hari ke-4 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmanirrohiiim…

Kebiasaan buruk saya ketika membangunkan anak-anak terutama sama si kakak adalah dengan intonasi tinggi “kakak…!!! kakak…!!! ayo bangun…sudah siang…waktunya mandi…”. Nah, sekarag saya fokus dengan menggunakan komprod-intonasi rendah. Hari ini aadalah hari ke-10 bulan puasa…si kakak sudah mulai ogah-ogahan untuk bangun sahur…kalopun dibangunkan…si kakak mesti marah-marah dan pake nendang kaki, tapi tadi saya coba membangunkan dia dengan intonasi rendah dan suara yang lembut..” Kakak…kakak…” sambil saya elus-elus punggungnya..”Kakak hari ini puasa kan? 15 menit lagi mau imsak, kakak sahur nggak?” akhirnya kakak dengan mengusap-usap mata menjawab: “iya bun…tapi kakak nguantuk banget…” dan kakak tidak marah dan bentak…(alhamdulillah…dalam hati saya). dan si kakak segera bangun dan menuju wastafel untuk cuci muka.

Sungguh luar biasa hari ini, kakak tidak marah-marah dan tidak cemberut…bahkan cukup semangat hari ini. Setelah sahur si kakak lanjut ikut sholat berjama’ah dengan penuh semangat, dan setelah itu tidak tidur lagi seperti biasanya, si kakak mengemas segala perlengkapan sekolah ke dalam tasnya, menyiapkan baju untuk sekolah, membuat perahu untuk mainan nanti sore di sawah, dan berangkat sekolah. ketika saya bilang: “Hari ini kakak keliatannya semangat sekali…ada apa ya?” kakak menjawab: “karena bunda tidak marah-marah lagi sama kakak dan selalu senyum…daaaaan hari ini kakak sekolah bertemu teman-teman”. Alhamdulilah…saya terharu dengan mata berkaca-kaca…dalam hati saya Ya Allah itu belum seberapa nak…masih banyak kekurangan bunda dalam mendampingimu dan mendidikmu.

Sedikit demi sedikit berlatih untuk berkata dengan intonasi rendah sudah mulai terbiasa…si kakakpun juga begitu mulai tidak bentak-bentak lagi. Memang benar bahwa anak tidak akan salah meng-copy apa yang diucapkan orang lain. semoga selalu istiqomah untuk selalu berkomunikas produktif dengan anak-anak. aamiin

Hari ini mungkin itu yang bisa saya uraikan mengenai komprod pada tantangan di hari ke-4 karena badan kurang fit. Semoga hari esok labih baik dari pada hari ini. Never give up!!!!

 

#level1

#Day4

#Tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar