Tantangan Hari ke-1 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrohmanirrohim….

Alhamdulillah akhirnya memasuki babak tantangan 10 hari komunikasi produktif…semoga bisa istiqomah untuk selalu mempraktekkan ilmu yang sudah didapat

Poin yang saya ambil untuk melatih diri berkomunikasi produktif dengan anak-anak adalah intonasi dan suara ramah…karena itu menurut saya yang paling penting untuk saya terapkan ke anak-anak terutama anak saya yang pertama, karena anak saya yang pertama ini suka cemberut kalau diomeli hehehe….

Hari ini kebetulan sudah masuk bulan romadhon…dan si kakak (Cia 6 th) mulai belajar puasa. Seperti pada umumnya anak-anak yang masih belajar puasa biasanya di jam-jam siang (jam 10-11) mulai merengek dan macem-macem yang diminta. Pada saat jam 10 betul si kakak mulai merengek dan ngomel2…”aduh perutku kok sudah lapar ya bun…kapan ya dzuhurnya…kakak gak puasa wes hari ini…gak enak puasa bikin lemes. dan bla…bla…bla…sambil cemberut.” ¬†Saya pun mencoba untuk mendengarkan omelan kakak dan berusaha diam dan tidak menyela sekalipun biar si kakak lega mengungkapkan kekesalannya. setelah kakak selesai ngomel kemudian baru saya jawab: “ooo…gitu ya…lemes ya kak…bosen juga ya?…emm…” lalu saya mendekat dan berusaha tersenyum kepada kakak dan seemberutsekali memeluknya…lalu saya bicara dengan intonasi rendah dan berempati “kakak waktu dzuhurnya kurang 1,5 jam lagi…gimana kalau kita bermain dulu biar gak terasa laparnya?? yuk kita bikin amplop lebaran?? kakak mau?? ” diapun langsung berbinar2 senang…”Oke bunda…tapi sama bunda ya…” dan saya jawab ” siap kakak….”

Kemudian di sore harinya…waktu saya mencuci piring , si kakak nyamperin dengan wajah cemberut karena bosan menunggu waktu maghrib yang lama menurut dia. “kenapa ya kakak wajahnya cemberut begitu? kakak lagi bosen ya?”…kakak menjawab sambil cemberut: “iya…kakak pengen makan sekarang”. kemudian saya sejenak meninggalkan pekerjaan mencuci piring, dan mencona menatap wajahnya. untuk menawarkan sesuatu. “kakak hari ini mau beramal baik untuk bunda sambil menunggu waktu maghrib??? kakak suka main air kan? ” jawab kakak :” iya bener…bleh main air sekarang??…yeyeyeye…” dengan girang kakak menjawabnya. saya pun meresponnya dengan senyum: “tapi main airnya lain hari ini..membasuh piring…bisa kan?”…kakak menjawab: “yes…kakak suka..besok kakak aja yang mencuci piring semuanya…kakak suka…boleh bunda?” saya jawab: ” wah…boleh banget…hebat ya kakak mau bantu bunda.”

Ternyata berkomunikasi dengan anak dengan intonasi dan suara ramah itu memberikan energi yang positif pada mereka. mereka menjadi senang dan gak gampang marah. Memang itu butuh perjuangan dan sabar tentunya. Biasanya saya kalau minta tolong ke anak-anak atau menasehati tidak dengan menatap wajahnya dan to the poin…apalagi kali pas lagi emosi…sambil pasang sungu…hahahaha…dan si anak meresponnya dengan suara yang lebih tinggi dan meledak-ledak…hehehe.

#level1

#day1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar